Wednesday, March 12, 2008

YLKI: Susu Formula Aman Dikonsumsi


Produk susu formula yang beredar di masyarakat aman dikonsumsi karena sudah sesuai standar nasional maupun internasional.

"Pemerintah tidak perlu paranoid. Perlu didorong untuk mengatakan bahwa produk-produk itu aman," kata pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Indah Sukmaningsih, di IPB, Selasa (4/3).

Masyarakat juga tidak perlu resah dan kemudian menuntut diumumkannya merek susu yang oleh tim IPB dinyatakan terkontaminasi bakteri "E sakazakii" tersebut.

Ia mengemukakan, pernyataan tersebut juga didasari fakta bahwa selama 50 tahun hanya 68 kasus akibat "E sakazakii" yang ditemukan di dunia.

Sekarang ini, lanjut dia, bukan waktunya untuk saling tuduh soal siapa yang paling benar dalam kasus ini. Penilaian mengenai valid tidaknya penelitian tersebut juga tidak seharusnya terjadi.

"Kalau perlu sekarang juga katakan bahwa produk susu yang sekarang beredar memenuhi syarat," katanya.

Indah Sukmaningsih mengakui, tidak ada risiko nol (zero risk) dalam produk pangan. Oleh karena itu, masyarakat harus ekstra hati-hati dalam mengonsumsi susu formula dengan mengikuti petunjuk dalam kemasan.

Sementara itu, Ketua Tim peneliti dari IPB, Dr drh Sri Estuningsih mengatakan, bakteri "E sakazakii" yang ditemukan dalam susu formula dan makanan bayi belum tentu menghasilkan racun (enterotoksin) yang menyebabkan penyakit.

No comments: